when needed to time process information which come into their e-mail
server when entry of UCE.
expense which must be released to receiver and operator as target as.
delay resources from anybody
1. Pengalihan biaya yang harus dikeluarkan
Karena dengan UCE telah mengalihkan hampir seluruh biaya yang harus dikeluarkan ke pihak penerima dan operator tujuan. Contohnya adalah masalah waktu, karena untuk penyedia jasa e-mail, waktu yang diperlukan untuk memproses informasi yang masuk ke dalam server e-mail mereka pada waktu masuknya UCE, lebih banyak dibandingkan e-mail biasa. Tentu saja dengan demikian akan menghambat e-mail lain yang berada dalam status menunggu, dan hal ini juga yang menjadi masalah dalam skema filter, yang bertujuan untuk menyaring e-mail yang masuk, karena waktu yang dibutuhkan akan menjadi lebih lama lagi.
Waktu yang banyak terbuang itu akan berakibat pada pemakaian bandwith yang sia-sia, dan akan mempermahal biaya yang dikeluarkan karena tidak efektifnya penggunaan bandwith tersebut.
Sedangkan seperti yang diketahui oleh umum bahwa biaya yang dikeluarkan untuk bandwith mempunyai porsi yang sangat besar dari anggaran biaya suatu penyedia jasa e-mail, yang menyebabkan banyak penyedia jasa e-mail memiliki margin keuntungan yang sangat kecil.
Dengan kondisi yang demikian, maka ada tiga pilihan bagi penyedia jasa e-mail untuk dilakukan yaitu :
(a). Membiarkan pelanggan yang menerima akibat semakin lambatnya akses Internet
(b). Membiayai penambahan bandwith
(c) Menaikkan tarif. Tetapi pilihan manapun yang dijalankan oleh penyedia jasa, tetap saja penerima yang akan menanggung akibatnya
2. Penipuan
Dalam beberapa kasus, penyedia jasa e-mail dan konsumen telah memasang filter untuk menghambat UCE. Tetapi hanya sedikit keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan filter ini. Ketika pengirim UCE mengetahui ini dan bahwa e-mail yang dikirimkan telah dihambat atau disaring, maka mereka mempergunakan cara lain agar mereka tetap dapat mengirimkan UCE ke penerima tersebut.
Caranya adalah dengan memalsukan asal dari pesan mereka. Atau dengan cara lain, yaitu dengan merelay e-mail mereka ke server e-mail dari pihak ketiga yang tidak bersalah. Cara ini menggandakan kerugian yang diderita, yaitu kedua sistem baik sistem penerima maupun sistem relay karena dibajiri oleh pesan yang berganda. Sehingga keluhan dan tuduhan terkadang jatuh ke sistem yang merupakan relay tesebut karena e-mail yang dikirimkan dibuat seakan-akan berasal dari sistem relay itu.
3. Menghabiskan resources dari pihak lain
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa UCE telah membuat biaya yang dikeluarkan semakin besar dengan penggunaan resouces yang sia-sia dari penyedia jasa e-mail dan penerima. Penyedia jasa e-mail akan mengeluarkan biaya yang tidak ekonomis sebagai akibat pemrosesan e-mail yang tidak efisien karena adanya UCE, sedangkan bagi penerima adalah pengeluaran biaya yang lebih mahal karena waktu yang dipergunakan akan semakin banyak dengan tidak efisien, karena e-mail yang diterima adalah UCE yang tidak diinginkan oleh si penerima. Hal ini akan berakibat pada biaya akses dan waktu yang tidak efisien
Sunday, June 10, 2007
Unsolicited commercial email - part 2
Posted by Hukum-Bisnis at 6/10/2007 06:33:00 PM
Labels: cyberlaw, information technology
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment